Be Positive · Home · Thoughts

APA YANG MEMBUAT SAYA BAHAGIA HARI INI?

Simple-Happiness-Quote-1920x1080-hd-wallpaper

Motivasi itu seperti sarapan pagi, komposisinya pun sama -ringan namun menguatkan. Saya mulai membiasakan diri untuk menyantap setidaknya satu artikel yang aroma positifnya sanggup mengobarkan semangat saya untuk menjalani hari dengan sukacita. Ada saatnya headline koran yang setiap hari kita baca hanya menambah tumpukan kekhawatiran, berita pembunuhan, pembegalan, pemerkosaan . Itu semua memang terjadi di dunia tempat dimana kita tinggal, tetapi lingkup permasalahan sosial yang terlalu lebar terkadang menghantui lingkup kecil otak kita yang hanya ingin “berbahagia”. Seringkali saya bertanya pada diri saya sendiri “Apa yang akan membuat saya bahagia hari ini?”. Menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline? Makan siang dengan menu istimewa? Banyak hal-hal kecil yang tanpa kita sadari membuat syaraf di otak kita berhenti tegang dan rileks.

Menyadari kemampuan otak kita yang tak terbatas membuat kita ingin melakukan banyak hal sesegera dan secepat mungkin. Bahkan saya memacu diri saya (yang sebenarnya memberikan tekanan ke otak) untuk mengikuti beberapa kursus sepulang kerja. Tekanan demi tekanan untuk mencapai sesuatu seringkali melupakan eksistensi saya di dalam lingkungan dimana saya tinggal. Saya mulai menarik diri dan terlihat acuh tak acuh kepada orang-orang disekitar saya.  Fokus saya saat itu hanya pencapaian saya, disitulah saya mulai menyadari keegoisan mulai menjalar di dalam pikiran saya. Saya sama sekali tidak bahagia dalam pencapaian saya setiap harinya karena semua syaraf di dalam otak saya tegang dan tidak sanggup berpikir secara jernih. Tidak memperhitungkan kelelahan yang saya dapati, saya hanya terus memaksakan otak saya memakan makanan keras tanpa sebuah motivasi dan meditasi.

Memiliki motivasi di dalam kehidupan secara seimbang, akan membawa kita ke dalam pencapaian keinginan-keinginan positif yang membangun. Motivasi menyeimbangkan pikiran dan emosi kita, seperti halnya sebuah meditasi, ketenangan dan pengetahuan tentang hal-hal baru akan meregenerasi hal-hal buruk di dalam diri kita yang perlu diperbaiki setiap harinya. Motivasi juga bergantung pada tujuan pribadi kita, bisa jadi kita mempunyai –motivasi untuk mendapatkan pekerjaan baru, motivasi untuk sukses dalam pendidikan, motivasi untuk hidup lebih baik, dan lainnya. Apapun itu, jangan pernah lupa untuk membuat daftar apa saja yang membuat saya bahagia hari ini. Buatlah daftar yang berbeda setiap harinya, tak terasa kita memiliki banyak hal untuk disyukuri dan alasan untuk selalu bahagia.

Di bawah ini saya juga ingin share beberapa blog/website yang memuat artikel-artikel positif. Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s